Kontroversial, Wasit Laga AC Milan Vs AS Roma Diskors

 

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) menjatuhi hukuman kepada wasit Piero Giacomelli. Ia dihukum larangan memimpin laga akibat membuat keputusan kontroversial di pekan ke-6 Serie A 2020/2021.

Di pekan ke-6 Serie A musim ini, Giacomelli ditugaskan untuk memimpin pertandingan antara AC Milan melawan AS Roma di San Siro, Senin 26 Oktober 2020, dini hari WIB. Laga itu berakhir dengan skor sama kuat 3-3.

Menurut laporan Football Italia, kinerja Giacomelli di pertandingan tersebut mendapat sorotan tajam. Sebab, Giacomelli dianggap keliru ketika memberikan hadiah penalti untuk AS Roma pada menit ke-68.

Giacomeeli memutuskan untuk memberikan hadiah penalti itu setelah gelandang AC Milan, Ismael Bennacer dianggap menjatuhkan winger Roma, Pedro Rodriguez. Padahal, jika melihat tayangan ulang, Bennacer sama sekali tidak membuat kontak dengan Pedro.

Tak cuma itu, beberapa keputusan lain Giacomelli juga dianggap kontroversial. Pada menit ke-79, Giacomelli memberikan hadiah penalti untuk AC Milan.

Keputusan itu lahir setelah pemain AC Milan, Hakan Calhanoglu bersentuhan dengan bek AS Roma, Gianluca Mancini. Padahal, dalam tayangan ulang diketahui tidak terjadi kontak antara Calhanoglu dengan Mancini.

TRENDING:  Hasil Liga Europa: AC Milan dan Arsenal Menang Tottenham Tumbang

“Kepala Komisi Wasit Italia, Nicola Rizzoli, memberinya hukuman larangan memimpin pertandingan selama satu bulan,” tulis pernyataan resmi FIGC, seperti dikutip Football Italia, Rabu 28 Oktober 2020.

Dalam laporan yang sama, Giacomelli bukan satu-satunya wasit yang diskors akibat keputusan kotroversial di laga AC Milan versus AS Roma. Asisten wasit yang bertugas untuk VAR, Luigi Nasca, juga mendapat hukuman.