Mengatasi halaman login wodpress yang hilang

Halaman login wordpress adalah satu-satunya jalan yang bisa kita gunakan untuk mengakses halaman Admin. Lalu bagaimana jika halaman tersebut tidak bisa di akses ?

Mengatasi halaman login wodpress yang hilang

Saya pernah menemukan kejadian seperti itu. Hal ini terjadi ketika saya menggunakan plugin tambahan untuk melakukan pengamanan terhadap halaman login pada wordpress dengan mengganti URL login default. Plugin yang saya gunakan tersebut adalah WPS hide login.

Ketika saya mencoba mengetikkan link Login yang saya setting pada plugin tersebut, ternyata tidak dapat di akses dengan notifikasi ‘page not found’.

Akhirnya saya mencoba melakukan login menggunakan link default dari wordpress, yaitu wp-admin/, dan ternyata hasilnya sama saja dengan notifikasi halaman login telah di disable.

Sempat bingung tidak bisa mendapatkan halaman login, akhirnya saya mencari cara dengan mengakali langsung dari halaman Cpanel. Mungkin jika Anda mendapatkan masalah yang sama, yaitu kehilangan halaman login karena menggunakan plugin seperti WPS hide login, Anda bisa menggunakan cara yang saya lakukan.

Caranya adalah sebagai berikut :

#1. Silahkan masuk kehalaman cpanel Anda, Biasanya format linknya namawebanda.domain/cpanel. contoh bloganda.com/cpanel.

#2. Kemudian masukkan username dan password login milik Anda.

#3. Setelah berhasil login ke CPanel, silahkan masuk ke File Manager.

Mengatasi halaman login wodpress yang hilang
#4. Pada halaman File manager, kemudian klik public_html > wp_content > plugins > cari plugin yang bermasalah, pada kasus ini saya mencari plugin wps-hide-login.
#5. Setelah plugin yang bermasalah di temukan. Hapus folder dari plugin (wps-hide-login) untuk menonaktifkan plugin tersebut.
Nah sekarang, silahkan Anda login menggunakan URL default untuk login dari wordpress yaitu wp-admin, dan lakukan login seperti biasa.
Dari kasus tersebut, bisa saya ambil kesimpulan bahwa plugin WPS hide login yang saya gunakan masih aktif, tetapi link URL yang sudah saya set hilang, sehingga saya tidak bisa mengakses halaman tersebut melalui URL yang di berikan WPS hide login.
Karena WPS hide login masih aktif, otomatis halaman login default dari wordpress juga tidak aktif, makanya ketika saya mencoba menggunakan login default wordpress juga tidak bisa. Sehingga ketika folder plugin WPS hide login kita hapus secara manual melalui CPanel, kita bisa menggunakan halaman login default wordpress tersebut untuk mengaksesnya.